Arsitektur Komputer & Organisasi Komputer
Siskom
A. Pengertian Arsitektur Komputer
Arsitektur
komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dan suatu
sistem komputer. Cabang ilmu ini biasanya mempelajari komponen-komponen sistem
komputer yang terhubung dengan perintah logis dari sebuah program.
Dalam hal
ini, penerapan perencanaan dan masing-masing bagian akan Iebih difokuskan pada
bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenal cara pengaksesan data dan alamat dan
memori cache,RAM, ROM, dan CD.
Arsitektur
komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagal ilmu dan sekaligus
seni mengenai cara menghubungkan komponen-komponen perangkat keras untuk dapat
menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan
target biayanya.
Arsitektur
komputer mempelajari komponen-komponen sistem komputer yang terkait dengan
pemprograman, dan memiliki dampak langsung pada perintah logis sebuah program.
Sebagai contohnya set instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik
pengalamatan, dan mekanisme input/output (I/O). Arsitektur komputer paling
tidak mengandung 3 subkategori sebagai berikut :
a.
Set instruksi (ISA)
b.
Arsitektur mikro dari ISA, dan
c.
Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer
ini.
B. Pengertian Organisasi Komputer
Organisasi
komputer adalah bagian yang terhubung dengan komponen-komponen pelaksanaan dan
interkoneksi antarkomponen penyusun sistem komputer dalam melaksanakan aspek
arsitekturalnya. Cabang ilmu ini biasanya mempelajari bagian yang terkait
dengan unit-unit pelaksaan computer dan hubungan antara komponen-komponen
sistem komputer.
Contoh aspek
organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi
memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Sementara itu, arsitektur komputer lebih
cenderung pada kajian komponen-komponen sistem komputer yang terkait dengan
seorang pemprogram. Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu meimiliki
perintah pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural.
Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan dilaksanaan secara langsung ataukah
melalui langkah cache adalah kajian organisasional
C. Perbedaan Arsitektur dan Organisasi
Komputer
Arsitektur
komputer cenderung berkaitan dengan komponen sistem komputer yang terkait
dengan pemprogram dan memiliki dampak langsung pada perintah logis sebuah
program. Arsitektur juga dapat didefinisikan dan dikategonikan sebagai ilmu
yang mempelajari cara interkoneksi dan komponen-komponen perangkat keras untuk
dapat mencitakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional dan
kinerja.
Sementara
itu organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit operasional
komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer dan interkoneksi yang
merealisasikan penjelasan arsitektural.
Perbedaaan
utamanya adalah sebagai berikut :
a.
Organisasi komputer: bagian yang terkait erat dengan
komponen-komponen operasional.
Contoh:
teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan
sinyal-sinyal kontrol.
b. Arsitektur
komputer: kelengkapan sistem komputer yang terkait dengan kegiatan pemrograman.
Contoh: Set
instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Arsitektur
komputer merujuk pada atribut-atribut dari sistem tata terlihat atau, dengan
kata lain, atribut-atribut yang memiliki dampak langsung pada eksekusi logis
dari sebuah program. Arsitektur komputer merujuk pada unit operasional dan
interkoneksi mereka yang menyadari spesifikasi arsitektur. Contoh atribut
arsitektur meliputi set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk mewakili
berbagai tipe data (misalnya, angka, karakter), I / O mekanisme, teknik untuk
mengatasi memori. Atribut organisasi termasuk detail-detail hardware transparan
untuk programmer, seperti sinyal kontrol, interface antara komputer dan
peripheral, dan teknologi memori yang digunakan.
Sebagai
contoh, ini adalah masalah desain arsitektur apakah komputer akan memiliki
instruksi multiply. Ini adalah masalah orgnizational apakah instruksi yang akan
dilaksanakan oleh unit kalikan khusus atau dengan mekanisme yang menggunakan
berulang unit add sistem. Keputusan organisasi dapat didasarkan pada frekuensi
diantisipasi penggunaan instruksi multiply, kecepatan relatif dari dua
pendekatan, dan biaya dan ukuran fisik unit multiply khusus.
Dalam kelas
komputer yang disebut mikrokomputer, hubungan antara arsitektur dan organisasi
sangat dekat. Perubahan teknologi tidak hanya mempengaruhi organisasi, tetapi
juga mengakibatkan pengenalan arsitektur yang lebih kuat dan lebih kompleks.
Secara umum, ada kurang dari kesesuaian requirementnfor generasi ke generasi
untuk mesin-mesin yang lebih kecil. Dengan demikian, ada lebih interaksi antara
keputusan desain organisasi dan arsitektur.
Buku ini
mengupas berbagai organisasi komputer dan arsitektur komputer. Penekanannya
adalah mungkin lebih pada sisi organisasi. Namun, karena organisasi komputer
harus dirancang untuk menerapkan spesifikasi arsitektur tertentu, pengobatan
melalui organisasi memerlukan pemeriksaan rinci arsitektur juga.
D. Struktur dan Function
Sebuah
komputer adalah sebuah sistem yang kompleks; komputer kontemporer mengandung
jutaan komponen elektronik dasar. Kuncinya adalah untuk mengenali sifat
hirarkis sistem yang paling kompleks, termasuk komputer. Sebuah sistem hirarkis
adalah seperangkat subsistem yang saling terkait, masing-masing yang terakhir,
pada gilirannya, hirarki dalam struktur sampai kita telah mencapai beberapa
tingkat terendah subsistem SD.
Sifat
hirarkis sistem yang kompleks sangat penting untuk kedua desain dan deskripsi
mereka. Perancang hanya perlu berurusan dengan tingkat tertentu dari sistem
pada suatu waktu. Pada setiap tingkat, sistem terdiri dari satu set komponen
dan hubungan timbal balik mereka. Perilaku di setiap tingkat hanya bergantung
pada disederhanakan, disarikan karakterisasi sistem pada tingkat yang lebih
rendah berikutnya. Pada setiap tingkat, desainer yang bersangkutan dengan
struktur dan fungsi:
Struktur:
cara di mana komponen yang saling terkait
Fungsi:
operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur
Pendekatan
yang dilakukan dalam buku ini mengikuti dari sudut pandang ini. Sistem komputer
akan dijelaskan dari atas ke bawah. Kita mulai dengan komponen utama dari
sebuah komputer, menggambarkan struktur dan functon mereka, dan melanjutkan ke
berturut-turut lapisan bawah hirarki. Sisa dari bagian ini memberikan gambaran
yang sangat singkat rencana serangan ini.
1. Fungsi
Kedua
struktur dan fungsi Computerr sebuah, pada dasarnya, sederhana. Secara umum,
hanya ada empat:
Ø Pengolahan
data
Ø
Penyimpanan data
Ø
Gerakan data
Ø Kontrol
2. Struktur
Komputer
berinteraksi dalam somer fashion dengan lingkungan eksternalnya. Secara umum,
semua hubungan terhadap lingkungan eksternal dapat diklasifikasikan sebagai
perangkat periferal atau jalur komunikasi. Kami akan memiliki sesuatu untuk
dikatakan tentang kedua jenis hubungan.
Ada empat
komponen struktural utama:
Ø Satuan
pengolahan Tengah (CPU): Mengontrol operasi komputer dan melakukan fungsi
pengolahan data; sering hanya disebut sebagai prosesor
Ø
Memori utama: Data Toko
Ø
I / O: Data bergerak antara komputer dan lingkungan eksternal
Ø Sistem
interkoneksi: Beberapa mekanisme yang menyediakan untuk komunikasi antara CPU,
memori utama, dan I / O
Mungkin ada
satu atau lebih dari masing-masing komponen tersebut. Secara tradisional, telah
ada hanya satu CPU. Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan
penggunaan beberapa prosesor dalam satu komputer. Beberapa isu yang berkaitan
dengan desain prosesor ganda muncul dan dibahas sebagai hasil teks; Bagian
Kelima berfokus pada komputer tersebut.
Masing-masing
komponen akan diperiksa secara rinci dalam Bagian Kedua. Namun, untuk tujuan
kita, yang paling menarik dan dalam beberapa hal komponen yang paling kompleks
adalah CPU. Its komponen struktural utama adalah sebagai berikut:
Ø Unit
Control: mengontrol operasi CPU
Ø
Aritmatika dan logika Unit (ALU): Melakukan fungsi pengolahan data
komputer
Ø
Register: menyediakan penyimpanan internal ke CPU
Ø CPU
interkoneksi: beberapa mekanisme yang menyediakan untuk komunikasi antara unit
kontrol, ALU, dan register
Rangkuman :
Ø Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian
dasar dan suatu sistem komputer
Ø Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagal
ilmu dan sekaligus seni mengenai cara menghubungkan komponen-komponen perangkat
keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan
fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Ø Organisasi komputer adalah bagian yang terhubung dengan komponen-komponen
pelaksanaan dan interkoneksi antarkomponen penyusun sistem komputer dalam
melaksanakan aspek arsitekturalnya
Ø Arsitektur juga dapat didefinisikan dan dikategonikan sebagai ilmu yang
mempelajari cara interkoneksi dan komponen-komponen perangkat keras untuk dapat
mencitakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional dan kinerja.
Ø Perbedaaan utamanya adalah sebagai berikut :
- v Organisasi komputer: bagian yang terkait erat dengan komponen-komponen operasional.Contoh: teknologi hardware, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol.
- v Arsitektur komputer: kelengkapan sistem komputer yang terkait dengan kegiatan pemrograman.Contoh: Set instruksi, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
2.
Struktur dan
Fungsi Utama Komputer
A. Struktur Dasar Komputer
Struktur
dasar komputer mempelajari tentang bagaimana cara dari tiap komponen saling
berkaitan. Fungsi komputer menjelaskan operasi masing-masing komponen sebagai
bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen ada dalam
struktur komputer. Ada empat struktur utama di dalam sebuah komputer, yaitu
CPU, memori, perangkat input, dan output.
.
1. Central Processor Unit (CPU)
CPU
berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan sebagai pusat kegiatan dan
pengolahan. Otak dalam CPU cukup disebut sebagai prosesor. Dalam mewujudkan
fungsi dan tugasnya, CPU tersusun atas beberapa komponen yang merupakan bagian
dari struktur CPU.
1)
Struktur Utama CPU
a) Program
Control Unit, bertugas untuk mengontrol operasi CPU secara keseluruhan dan
mengontrol operasi CPU sehingga terjadi kesamaan kerja antarkomponen dalam
menjalankan fungsi operasinya. Termasuk dalam tanggungjawab unit kontrol adalah
mengambil instruksi instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi
tersebut.
b)
Arithmetic And Logic Unit (ALU), berfungsi untuk membentuk fungsi
pengolahan data komputer. ALU sering disebut mesin bahasa karena bagian ini
mengerjakan instruksi-instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya. Seperti
istilahnya, ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmetika dan unit logika
yang masing-masing memiliki penjelasan tugas tersendiri.
c) Register,
adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data.
Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat
diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
d) CPU
Interconnection, adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan
komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga
dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti
memori utama, perangkat input/ output.
2. Memori Utama
Memori
merupakan media penyimpanan data pada komputer, jenis memori dibagi menjadi
dua, yaitu RAM dan ROM.
1) RAM (Random Access Memory)
RAM
adalah memori yang dapat dibaca atau ditulis. Data dalam sebuah RAM bersifat volatile,
artinya data akan terhapus bila arus Iistrik mati. Karena sifat RAM yang volatile
ini, maka program komputer tidak tersimpan di RAM. RAM hanya digunakan
untuk menyimpan data sementara, yang tidak begitu vital saat aliran daya
terputus. Jenis RAM sangat bervariasi, di antaranya:
a)
DRAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus diperbarui
oleh CPU agar data yang terkandung di dalamnya tidak hilang.
b)
SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum
digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh jam sistem dan
memiliki kecepatan lebih tinggi dan pada DRAM.
c)
SRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak perlu pembaruan oleh
CPU agar data yang terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis
ini memiliki kecepatan lebih tinggi dan pada DRAM.
d)
RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memori yang lebih cepat dan
lebih mahal dari pada SDRAM.
e)
EDORAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan pada
sistem yang menggunakan Pentium.
f) DDR
(Double Data Rate) tipe RAM yang menggunakan teknologi double clock
cycle. DDR sekarang sudah semakin berkembang dengan munculnya DDR2 dan DDR3
yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi.
Kedepannya
mungkin jenis-jenis RAM akan terus berkembang dengan semakin berkembangnya
sistem komputer yang ada saat ini, karena untuk menunjang kebutuhan komputasi
yang tinggi dibutuhkan performa komputer yang maksimal.
2) ROM (Read Only Memory)
ROM
adalah memori yang hanya dapat dibaca. Data yang tersimpan dalam ROM bersifat
non volatile, artinya data tidak akan terhapus meskipun arus listrik
mati. Karena sifatnya yang demikian, maka ROM dipergunakan untuk menyimpan
program. Ada beberapa tipe ROM, di antaranya ROM murni, PROM,dan EPROM. PROM (Programmable
ROM) adalah ROM yang dapat diprogram sendiri oleh pemakai.
3. Input/Output
Input/Output
berfungsi memindahkan data dari/ke lingkungan luar atau perangkat lainnya
Sistem komputer membutuhkan perantara I/O.Perangkat I/O sebagai jembatan
penghubung antara computer dengan piranti di luar sistem dapat menerima data
dari komputer dan dapat pula memberi data ke komputer Ada dua macam perantara
I/O, yaitu piranti untuk hubungan serial (UART-universal asynchronous
receiver-transmitter) dan piranti untuk hubungan paralel (PlO-paralel
input output).
1) Perangkat Input dan Cara Kerjanya
Alat input Iangsung adalah alat yang inputnya Iangsung
diproses oleh alat pemroses, sedangkan alat input tidak Iangsung prosesnya
melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Alat
input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya
mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya
magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical
character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera),voice
recognizer (misalnya mikrofon). Sedangkan alat input tidak langsung
misalnya keypunch yang dilakukan meaIui media punched card (kartu
plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape)
sebelum diproses oleh alat pemroses, dankey-to-disk yang merekam data ke
media magnetic disk (misalnya disket atau hard disk) sebelum diproses
lebih lanjut.
a)
Keyboard
Keyboard adalah suatu alat input yang memiliki berbagai
macam tombol dengan setiap tombol memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dalam hal
ini, fungsi keyboard ini sendiri sangat tergantung dan tombol-tombolnya. Setiap
tombol merepresentasikan karakter tertentu.
b)
Mouse
Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan perintah
ke dalam komputer dengan cara menggesernya.Pergeseran ini menggerakkan pointer.
c) Scanner
Scanner
adalah suatu alat clektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin
fotokopi hasilnya dapat langsung kita lihat pada kertas sedangkan scanner
hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer atau disimpan di memori. Hasil
ini dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasil akhirnya menjadi
bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file teks, dokumen, atau gambar.
d) Mik
(Mikrofon)
Apabila kamera digunakan untuk memasukkan input berupa
gambar (dan suara), maka mik digunakan hanya untuk memasukkan input berupa
suara. Penggunaan mik tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan untuk
menerima input suara tersebut yaitu sound card, dan speaker untuk
mendengarkan hasil rekaman suara.
2) Perangkat Output dan Cara Kerjanya
Output merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi
untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa
hard-copy (kertas), soft-copy (monitor atau file), ataupun berupa
suara (voice).
Output
yang dihasilkan dan pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu
teks, gambar, suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable
form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung
oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input
untuk proses selanjutnya dari komputer.
a) Hard-copy
device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan gambar pada
mediakeras seperti kertas atau film.
b) Soft-copy
device, merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan gambar
pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Output bentuk soft-copy
device dapat berupa video display, flat panel, dan speaker.
c)
Monitor
Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device karena
keluarannya berupa sinyal elektronik, yaitu berupa gambar yang tampil di layar
monitor.
d)
Proyektor Komputer
Berfungsi untuk menampilkan gambar/visual dan hasil
pemrosesan data. Hanya saja, proyektor komputer memerlukan objek lain (layar) sebagai
media penerima pancaran sinyal gambar yang dipancarkan.
B. Fungsi Utama Komputer
Fungsi
utama sistem komputer merupakan operasi dasar dan masing-masing komponen
sebagai bagian dan struktur. Pada prinsipnya fungsi utama sistem komputer
sangat sederhana. Terdapat empat buah fungsi yang harus beroperasi, antara lain
sebagai berikut.
a.
Pengolahan Data
Pengolahan
data berfungsi mengolah kumpulan data yang menghasilkan suatu informasi.Data
yang diolah biasanya berupa dokumen, surat, kata, grafik, kondisi, ide, objek,
dan lain-laintergantung kebutuhan dan pengguna komputer tersebut. Proses
pengolahan data tersebut dilakukan oleh suatu perangkat lunak.
b.
Penyimpan Data
Fungsi
komputer sebagai penyimpan data yang juga berarti untuk mengamankan data sepertidokumen,
gambar, video dan lain-lain yang suatu saat nanti data tersebut akan digunakan
kembali untuk diolah. Semua data di dalam komputer disimpan dalam sebuah hard
disk. Hard disk ini sendiri juga memiliki kapasitas memori yang berbeda-beda.
c.
Pemindahan Data
Fungsi
komputer sebagai pemindahan data adalah untuk mengirimkan atau menerima
datadari satu komputer ke komputer lainnya agar proses pengolahan data lebih
mudah.
d.
Kendali
Fungsi komputer sebagai kendali adalah dikerjakan oleh seseorang dengan
memasukkan perintah-perintah ke dalam sistem komputer, lalu komputer akan
mengerjakan sesuai dengan perintah-periniah yang telah diinput oleh manusia.
Komputer harus dapat memproses data. Representasi data tersebut bermacam-macam,
tetapi nantinya harus disesuaikan dengan mesin pemrosesnya. Dalam pengolahan
data, komputer memerlukan unit penyimpanan sehingga diperlukan suatu mekanisme
penyimpanan data. Walaupun hasil komputer digunakan pada saat itu, setidaknya
komputer memerlukan media penyimpanan untuk data prosesnya. Dalam interaksi
dengan dunia luar sebagai fungsi pemindahan data, diperlukan antarmuka. Proses
ini dilakukan oleh unit input/output (I/O) dan perangkatnya disebut periferal.
Saat interaksi dengan perpindahan data yang jauh atu dari remote device,
komputer melakukan proses komunikasi data.
Rangkuman
o
Struktur dasar komputer mempelajari tentang bagaimana cara dari tiap
komponen saling berkaitan.
o
CPU berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan sebagai pusat
kegiatan dan pengolahan.
o
Otak dalam CPU cukup disebut sebagai prosesor
o
Program Control Unit, bertugas untuk
mengontrol operasi CPU secara keseluruhan dan mengontrol operasi CPU sehingga
terjadi kesamaan kerja antarkomponen dalam menjalankan fungsi operasinya.
o
Arithmetic And Logic Unit (ALU), berfungsi
untuk membentuk fungsi pengolahan data komputer.
o
Register, adalah media penyimpan internal CPU
yang digunakan saat proses pengolahan data.
o
CPU Interconnection, adalah sistem koneksi dan bus yang
menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan
register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan
dengan sistem lainnya, seperti memori utama, perangkat input/ output.
o
Memori merupakan media penyimpanan data pada komputer
o
Jenis memori dibagi menjadi dua, yaitu RAM dan ROM
o
Input/Output berfungsi memindahkan data dari/ke lingkungan luar atau
perangkat lainnya Sistem komputer membutuhkan perantara I/O
o
Alat input Iangsung adalah alat yang inputnya Iangsung diproses oleh
alat pemroses, sedangkan alat input tidak Iangsung prosesnya melalui media
tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses
o
Output merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy
(kertas), soft-copy (monitor atau file), ataupun berupa suara (voice)
o
Terdapat empat buah fungsi yang harus beroperasi, antara lain sebagai
berikut.
a.
Pengolahan Data
b.
Penyimpanan Data
c.
Pemindahan Data
d. Kendali
Tugas :
1. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Organisasi Komputer?
2. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Arsitektur Komputer!
3. Sebutkan Perbedaan utama antara Organisasi Komputer dan Arsitektur
Komputer!
4. Jelaskan apa fungsi dan struktur Komputer?
5. Sebutkan tiga subkategori pada Arsitektur Komputer!
6. Sebutkan dan jelaskan 4 struktur utama pada sebuah komputer?
7. Sebutkan dan jelaskan Struktur utama pada CPU!
8. Apakah yang disebut dengan perangkat Input / Output? Berikan
contoh nya!
9. Sebutkan dan jelaskan 4 Fungsi utama dari sistem pada komputer?
10. Sebutkan fungsi-fungsi yang harus beroperasi pada sebuah komputer!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar